Menulis

NULIS ITU TERNYATA SUSAH

Pernahkah Anda mengalami hal seperti ini: – Suatu ketika Anda diberi tugas untuk posting di blog atau membuat artikel tentang hal yang berkaitan dengan kuliah / kegiatan anda sehari-hari. Lalu Anda menspelekan hal tersebut, karena Anda pikir Anda bisa menyelesaikannya dalam waktu satu jam atau bahkan kurang. Lalu, ketika Anda berhadapan dengan komputer/kertas dan pensil, Anda terlihat hanya bengong, dan belum menuliskan atau mengetikkan satu huruf pun??? Ya, pasti Anda pernah mengalaminya atau malah sering mengalminya bukan? Itulah resiko bila jarang menulis(jujur saja, saya ini juga termasuk golongan itu, hehehehe).

Memang, menulis itu bukanlah suatu bakat yang dimiliki setiap orang, tapi lebih kepada latihan dan latihan. Anda tidak akan pernah bisa menulis jika Anda tak pernah berlatih menulis.

Tapi, latihan menulis itu adalah hal paling membosankan(menurut saya loh…) jadi bagaimana caranya agar ‘latihan menulis’ jadi tidak membosankan? Berikut ini saya berikan beberapa tips agar menulis itu tidak membosankan:

1. Cobalah, minimal sekali dalam sehari Anda mencatat hal yang paling yang Anda lalui dalam sehari itu.

2. Cobalah untuk mencatat, hal-hal yang diterangkan oleh guru/dosen Anda, tetapi dalam mencatat, cobalah untuk mengambil isi dari topic yang diterangkan oleh guru/dosen Anda(cara ini memang paling aneh dan paling nyleneh, tapi dijamin, apabila Anda tekun melakukannya, dijamin bermanfaat gan!).

3. Apabila anda mempunyai luapan emosi yang meledak-ledak, misalnya saja patah hati, hehehe, tuangkan saja perasaan itu melalui tulisan, kemungkinan besar perasaan Anda akan ploooong, hoho….

4. Yang terpenting adalah, keinginan dan ketekunan, itu yang paling penting(dan saya bukan termasuk orang-orang yang tekun dan mempunyai ‘will’ untuk menulis, hehehe), maka kegiatan menulis pun seperti menjadi sebuah kebiasaan.

Itu tips menulis yang aneh dari saya, semoga bermanfatat, amin…

Iklan

Diterbitkan oleh

caisaroentoro

simple, script, balance

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.