Perbedaan Open Source dengan Software Gratis (Free Software)

288px-Opensource.svg

Mungkin Anda pernah dengan istilah open source dan free software di dunia komputer. Mungkin Anda sedikit bingung apa itu open source dan free software, karena keduanya biasanya dapat diperoleh secara cuma-cuma. Tetapi sebenarnya keduanya memiliki arti yang berbeda, berikut sedikit penjelasannya.

Dalam dunia komputer istilah open source artinya adalah suatu perangkat lunak yang source codenya (kode sumber) untuk membuat perangkat lunak tersebut dapat didapatkan secara cuma-cuma(tanpa harus membayar).  Selain gratis, Anda juga diperbolehkan untuk menambah atau mengubah kode sumber tersebut lalu membuat program berbasiskan kode sumber tersebut untuk kepentingan Anda sendiri. Bahkan Anda diperbolehkan untuk menjual program gubahan Anda tersebut secara komersial(tentunya dengan ketentuan-ketentuan yang ada). Sebagai contohnya adalah Sistem Operasi Linux Red Hat. Red Hat merupakan sistem operasi berbayar, tetapi source code berbasis Linux(seperti ubuntu).

Konsep open source tentunya berbeda dengan software gratis. Pada software gratis, source codenya belum tentu bisa diperoleh secara cuma-cuma. Software gratis biasanya mempunyai lisensi tersendiri, dan mempunyai “term of use” tersendiri tergantung dari pembuat software tersebut. Kadang bila Anda ingin menyebarluaskannya, Anda harus mempunyai persetujuan dari si pembuat sotware tersebut.

Sharing

Iklan

caisaroentoro View All →

simple, script, balance

2 Comments Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: