Menggunakan ADB, Android Debug Bridge Bagian II

Oke, kali ini saya akan menjelaskan tentang penggunaan adb shell. Shell Android penggunaannya mirip shell di Linux. Jika Anda sudah pernah mencoba shell di Linux, maka menggunakan shell di Android tidaklah susah. Pertama untuk masuk ke shell ketikkan perintah berikut:

adb shell

Perintah tersebut akan mengeksekusi file /system/bin/shell yang ada di sistem Android Anda. Jika sukses, maka Anda akan dibawa ke lingkungan shell Android. Di shell Android, Anda dapat mengetikkan command-command standard Linux seperti ls, cd, dan lain sebagainya. Sayangnya Android mempunyai keterbatasan untuk beberapa command seperti perintah untuk mengkopi file (cp). Untuk itu diperlukan tool / program tambahan yang bernama busybox untuk melakukan perintah cp. Biasanya, busybox akan otomatis terinstall jika Android sudah di – root. Daftar command-command (program) yang tersedia di Android dapat Anda lihat melalui perintah ls /system/bin atau ls /system/xbin.

Untuk menggunakan busybox caranya cukup mudah, yaitu seperti menggunakan command linux biasa tapi pakai awalan busybox. Berikut ini contoh penggunaannya:

busybox cp /system/bin/chmod /mnt/sdcard

Perintah di atas akan menyalin file chmod yang ada di /system/bin/ ke kartu memori yang ada di device Android Anda. Untuk command-command lengkap yang terdapat di busybox yang terpasang di Android, dapat dilakukan dengan perintah berikut:

busybox

Perintah di atas akan menampilkan halaman bantuan (help) yang di dalamnya termuat command-command yang bisa di jalankan melalui busybox yang terinstall di device Anda. Untuk keterangan lebih lengkap mengenai busybox dapat Anda temukan di http://en.wikipedia.org/wiki/BusyBox.

Perlu diketahui, bahwa beberapa perintah – perintah di Android memerlukan previllage khusus su (super user). Beberapa contoh perintah yang memerlukan previllage khusus di antaranya adalah: mount, chmod, chown. Jadi, jika Anda ingin menjalankan perintah – perintah tersebut, Anda harus masuk ke shell sebagai su. Untuk masuk ke shell dengan previllage su caranya cukup mudah, yaitu cukup ketikkan su ketika sudah masuk ke shell, lalu pilih allow jika program superuser di Android Anda menampilkan perizinan untuk menjalankan su.

Sekian dulu tulisan saya tentang ADB, untuk perintah ADB, akan Saya lanjutkan lain waktu, see you 😀

Hacking

Iklan

caisaroentoro View All →

simple, script, balance

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: