Masa Depan Android

Android…

Jika mendengar kata tersebut, mungkin yang terngiang di kepala Anda adalah sebuah (OS) smartphone yang sedang ‘naik daun’ saat ini. Android memang sebuah OS smartphone yang saya rasa paling fleksibel dan paling cepat berkembang. Bayangkan saja dalam kurun 3-4 tahun (rilis awal 2008, sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Android_(operating_system), Android sudah menyita perhatian banyak pengguna smartphone di dunia. Perkembangan yang paling menonjol dari Android adalah di User Interface yang kian ‘eye-catching’ serta ketersediaan aplikasi yang kian beragam.  Market share-nya pun (tahun 2012) sudah mencapai 47%, mengalahkan iOS, Blackberry, dan Windows mobile (source:http://articles.businessinsider.com/2011-12-30/tech/30571342_1_android-platform-smartphone-windows-phone).

Android 4.0 (ice cream sandwich)

The Future Ahead…

Kalau bicara soal masa depan Android, yang terngiang di kepala Saya cuman satu: “wah…”. Lihat saja saat ini, perkembangannya begitu luar biasa. Antusias para pengguna dan pengembang nya pun juga sangat besar. Mungkin bisa dikatakan, inilah produk ketiga dari Google yang paling sukses setelah search engine dan video service (youtube). Kalau ditanya tentang kelengkapan serta layanan aplikasi yang tersedia, tak usah diragukan lagi. Banyak juga aplikasi-aplikasi yang dulunya di iOS yang terkenal mempunyai grafis yang ‘cantik’  sekarang sudah di – port ke Android, alias sudah disediakan khusus untuk Android(evernote, dll). Kalau Anda berkunjung ke https://play.google.com d.h (https://market.android.com/), Anda akan menemukan apliakasi-aplikasi yang sudah berjubel untuk siap di unduh, ada yang free alias gratis ada juga yang berbayar. Dan kalau Anda seorang programmer yang berminat untuk mengembangkan aplikasi di Android, Go ahead, it’s gonna be good and fun!

Angry Birds

Looks brighter than any other…

Masa depan Android boleh dikatakan akan lebih cerah daripada smartphone lainnya. Hal pertama yang mendukung adalah banyaknya vendor hardware yang sudah mendukung os ini. Spek hardware yang ditawarkan pun tidak main-main…core 2 duo, memori 1-2 giga byte, vga tersendiri, dan mungkin di masa depan nanti akan ada smartphone Android yang bisa di – upgrade hardwarenya(bayangan saja sih, hehe), tentunya hal ini akan terus berkembang dan berkembang, never ends lah istilahnya. Yang kedua adalah dukungan dari Google(dalam hal pengembangan inti OS), tentu saja Anda tidak perlu ragu akan kehebatan raksasa Internet yang satu ini, tokcer…Dan yang terakhir adalah Open Source. Hal terakhir inilah yang menurut saya paling berpengaruh di masa depan nanti. Bayangkan saja kalau Android tidak Open Source, maka peminat developer akan sedikit, akan semakin mahal, tidak ada mod, tidak ada ini itu, nohope lah pokoknya. Mungkin sekian dulu cerita fiktif tentang masa depan Android dari Saya(hehe), mungkin lain kali akan cerita-cerita lagi yang lebih fiktif dan lebih kontroversial, hehe.

Iklan

Diterbitkan oleh

caisaroentoro

simple, script, balance

One thought on “Masa Depan Android”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.