Modifikasi Tampilan Android dengan UOTKITCHEN

Assalamu’alaikum blogger!!

Wah, lama nih tidak ngepost di sini. Kali ini Saya akan berbagi tips mengenai modifikasi UI dari sistem Android dengan menggunakan bantuan UOTKITCHEN. UOTKITCHEN merupakan tool online yang berguna untuk memodifikasi file framework-res.apk serta systemUI.apk(Untuk Android 2.3 ke atas) pada Android Anda. File framework-res.apk sendiri berfungsi sebagai berfungsi untuk mengatur tampilan GUI pada Android, seperti bagaimana animasi windows pada device dijalankan, bagaimana icon-icon standar yang tampil, dan lain sebagainya. Intinya framework-res.apk itu berfungsi mengatur tampilan GUI sistem(dasar) Android.

Perhatian, UOTKITCHEN hanya bisa digunakan di Android 2.3 – 4.2.2. Selebihnya, jika OS dari HH versinya di luar versi Android seperti yang disebutkan seperti diatas, tidak disarankan untuk menggunakan aplikasi ini ya 🙂

UOT KITCHEN
UOT Kitchen

Lalu, bagaimana caranya menggunakan UOTKITCHEN? Cukup mudah, berikut Saya berikan contoh sederhananya:

1. Persiapan.

– Syarat pertama adalah ponsel Anda harus di-root dahulu, untuk tutorial bagaimana rooting Android, dapat Anda googling sendiri, karena setiap device berbeda-beda cara rootingnya.

– Sebelum Anda memodifikasi file framework-res.apk, ada baiknya Anda back-up dulu framework-res.apk (dan systemUI.apk jika android 2.3 ke atas) ataupun rom milik Anda menggunakan yaffs atau tool sejenisnya.

– Untuk back-up framework-res.apk yang paling mudah adalah dengan menggunakan tools file explorer seperti root-explorer ataupun es explorer.

– Cara back-up framework-res.apk adalah dengan pergi ke folder /system/framework/ , di situ terdatap file framework-res.apk, salin file tersebut ke sdcard milik Anda ataupun ke tempat penyimpanan lainnya yang Anda suka. Jika Anda pengguna Android 2.3 ke atas, maka ada baiknya Anda juga memback-up file tersebut. File tersebut terdapat di /system/app/

2. Tahap memasak

– Pergi ke UOTKITCHEN, di situ Anda dapat memodfiikasi tampilan baterai, tampilan icon pada topbar, tampilan huruf, dan sebagainya. Gunakan kreasi Anda!!

– Yang perlu diperhatikan adalah, ada sebagian modifikasi yang dikhususkan untuk Android 2.3 ke atas, jadi jika Anda pengguna Android 2.2, sebaiknya tidak menggunakan modif jenis ini.

– Berhati-hatilah jika menggunakan modif boot-animation, banyak yang mengalami bootlooping jika menggunakan modif jenis ini.

3. Tahap upload file.

– Pada tahap ini, Anda diharapkan untuk mengupload file framework-res.apk (dan systemUI.apk untuk Android 2.3 ke atas). 

– Yang perlu diperhatikan pada tahap ini adalah pilihan flashable zip scripting. Untuk device Android yang tidak menggunakan ClockworkMod dan rom sejenisnya, serta tidak mempunyai pilihan recovery-mode pada saat boot, Saya sarankan memakai pilihan terakhir, yaitu Amend-scripting. Tapi jika sebaliknya, Saya sarankan menggunakan Edify-scripting

– Jika sudah upload, pilih tab Summary, lalu klik pickup file. Tunggu sampai file hasil masakan Anda siap untuk di download.

4. Tahap flashing.

– Pada tahap ini Saya akan mencontohkan jika sebelumnya Anda menggunakan Amend-scripting serta menggunakan Android 2.2. Jika Anda menggunakan scripting-flash yang satunya, Anda dapat mengikuti caranya seperti yang dicontohkan di website UOT.

–  Pertama, download script untuk melakukan penggantian file framework-res.apk. Berikut linknya: xda-thread.

– Kedua, unzip file hasil downloadan dari UOT, masuk ke folder framework dan kopikan file framework-res.apk yang terdapat di situ ke /sdcard/. Unzip juga file reframe.zip sehingga diperoleh reframe.sh, salin juga file tersebut ke /sdcard/

– Jika sudah, masuk ke shell(dapat melalui komputer, ataupun terminal emulator).

– Ketikkan perintah berikut:

su
sh reframe.sh

– Maka secara otomatis file framework-res.apk Anda akan tergantikan, dan device akan mereboot ulang. Anda bisa menikmati hasil modifikasi sendiri tampilan Android Anda!

Sekian dulu tips dan trik Saya untuk kali ini, Wassalam!!

Iklan

Diterbitkan oleh

caisaroentoro

simple, script, balance

6 tanggapan untuk “Modifikasi Tampilan Android dengan UOTKITCHEN”

    1. wah, kurang jelas ya, maaf ya, hehehe… maksudnya masuk ke direktori /mnt/sdcard, shell maksudnya adalah melalui adb shell / terminal emulator, jadi seperti command line di linux nantinya…

      Suka

  1. sob .
    tolong dong shere costom room untuk samsung galaxy mini 2 Gt s6500 .
    buatkan stock stock costom rom nya (ics) – (jellyben) jangan yang costom regina room atau peters room itu room abal alias nggak jelas kurang bagus.
    kalo nggak costom room nya versi terbaru buat regina room versi berapa gitu yg evolution malah kurang bagus lah kalo buat peters room itu room bisa atau tidak cii .. yg saya tau peters rom klo kita instal malah botloop hp qita.
    malah ulang lg frimware lagi .
    saya mau nanya lagi frimware samsung jellyben atau ics bisa gk di pake untuk samsung mini 2 . kebnyakan untuk mini 1 mulu ..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.