Akses XAMPP (Apache + MySQL) lewat Smartphone Android

XAMPP
XAMPP merupakan paket lengkap yang berisi apache web service, php, dan dbms MySQl

Assalamu’alaikum bloggers!

Pada kesempatan kali ini, Saya akan berbagi pengalaman Saya dalam mengkonfigurasi XAMPP (Apache + MySQL) agar bisa diakses Smartphone Android Anda melalu jaringan WiFi. Sebelum bisa melakukan hal tersebut, perlu dipersiapkan perangkat lunak yang dibutuhkan, yaitu:

  1. Apache XAMPP, dapat diunduh di: Apache XAMPP
  2. Jaringan WiFi, atau kalo tidak connectify-me. Fungsi connectify-me adalah untuk membuat laptop Anda menjadi AP(Access Point) jika tidak mempunyai jaringan WiFi. Jika anda punya jaringan WiFi (modem telkomsel speedy, misalnya), maka cukup koneksikan saja laptop Anda ke jaringan tersebut. Untuk connectify-me Anda dapat cari di google karena software ini berbayar. Jika kedua alternatif tersebut tidak dapat diperoleh, dapat digunakan juga fasilitas Thetering Wi-Fi yang ada di Android. Caranya cukup mudah, tinggal aktifkan Thetering Wi-Fi, kemudian aktifkan Wi-Fi di laptop / komputer, lalu sambungkan 🙂
  3. Smartphone Android tentunya 🙂

Untuk XAMPP dan connectify-me tinggal diinstall secara standar. Untuk penggunaan connectify-me, dapat Anda cari di google, atau di sini. Untuk tahapan konfigurasi agar server lokal (XAMPP) dapat diakses melalui Android dapat mengikuti tahap sebagai berikut:

  1. Koneksikan Android Anda ke AP(jaringan WiFi), atau jika tidak memiliki jaringan WiFi dapat menggunakan Connecitfy-me untuk koneksi langsung ke laptop.
  2. Lihat IP di laptop Anda dengan menggunakan perintah (pada konsol/terminal) “ipconfig“. Pada Android Anda dapat lihat melalui perintah “ifconfig“. Catat alamat tersebut, coba ping masing-masing alamat untuk mengetahui apakah koneksi dapat dilakukan.
  3. Pada laptop(komputer), buka pilihan Control Panel->Firewall. Di situ pilih pilihan Inbound Rules (tab bagian kiri), pilih lalu cari pada bagian kanan Apache HTTP Server yang diblok. Klik kanan item tersebut lalu pilih properties. Akan muncul jendela properties, lalu pilih pada tab General. Ubah pilihan dari Block the connection menjadi Allow the connection. Lakukan hal yang sama terhadap mysqld.
  4. Akses XAMPP(Phpmyadmin) lewat Android
    Akses XAMPP(Phpmyadmin) lewat Android
  5. Buka browser Anroid Anda lalu ketikkan alamat IP komputer(laptop) diikuti “/xampp”, atau misal jika alamat IP komputer 192.168.1.5, maka dapat dimasukkan URL: 192.168.1.5/xampp. Selamat, Anda dapat mengakses lokal server komputer melalui Android!

Sekian dulu tips dari Saya kali ini, semoga mendatangkan manfaat bagi pembaca sekalian, Wassalammu’alaikum!

Hacking

Iklan

caisaroentoro View All →

simple, script, balance

14 Comments Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: