Clash of Clans, Game Sejuta Umat

Hello guys! Kali ini Saya akan berbagi pengalaman Saya bermain game Android yang lagi naik daun di Indo(di tempat kerja Saya khususnya) hehe. Nama game-nya adalah Clash of Clans. Game ini merupakan game online bergenre strategi, mirip-mirip RTS (Age of Empire, Command and Conquer, dll) di PC. Bedanya, game ini membutuhkan waktu yang lama untuk mengupgrade semua bangunan dan tentara ke level yang lebih tinggi (untuk upgrade bisa memakan waktu sehari lebih, bahkan ada yang seminggu lebih). Ditambah lagi, kita tidak bisa mengontrol suatu pasukan secara langsung jika menyerang base lawan.

Permainan Sejuta Umat.

Clash of Clans merupakan game sejuta umat, setidaknya ada 5 juta orang lebih sudah memberkan review sempurna (bintang 5) di Play Store. Saya sendiri heran, banyak sekali orang yang memainkannya, termasuk juga Saya (gubrak). Padahal, game ini butuh waktu yang sangat lama untuk mencapai level yang tinggi (bisa memakan waktu berbulan-bulan) sehingga terkadang membosankan, ataupun dengan cepat, tapi tentunya harus mengeluarkan biaya untuk membeli item tertentu. Ada juga orang-orang yang rela habis hingga jutaan rupiah (Saya waktu itu pernah baca di Kompas ada anggota parpol rela mengeluarkan uang hingga delapan juta lebih, bisa search google, Saya lupa linknya, :p) agar levelnya bisa tinggi dengan cepat, sungguh luar biasa game ini menarik perhatian. Namun, jika mau bersabar dan menggunakan strategi dengan baik, maka pembangunan bisa lebih mudah, dan untuk mencapai level tinggi pun tidaklah sulit, tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun :D.

How to Play

Jika menyerang base lawan, maka kita akan mendapatkan reward berupa resource dan trophy. Sebaliknya, lawan yang diserang bisa kehilangan resource dan trophy. Resource dapat digunakan untuk membangun pasukan serta menguprade bangunan, sedangkan trophy berguna untuk menambah bonus resource jika penyerangan terhadap base lawan sukses. Uniknya, trophy dapat menjadi minus jika serangan ke base lawan gagal. Gagal atau tidaknya suatu serangan ke base lawan ditentukan oleh banyaknya bintang yang didapat. Serangan akan gagal dan trophy akan minus jika serangan yang dilakukan tidak mendapatkan bintang, sedangkan serangan yang mendapatkan minimal satu bintang akan memperoleh tambahan trophy. Dalam memilih lawan untuk diserang, kita tidak bisa menentukan secara langsung lawan yang diserang, karena sistem akan mengacak lawan dan membiarkan kita untuk memilih apakah lawan tersebut akan diserang atau tidak, jika tidak maka sistem akan memberikan pilihan lawan selanjutnya atau bisa juga kita batal menyerang(sepengetahuan Saya, lawan ditentukan oleh banyaknya trophy yang kita miliki, semakin tinggi nilai trophy kita, maka lawan yang akan ditawarkan oleh sistem juga akan memiliki trophy yang tinggi pula). Resources dalam CoC (Clash of Clans) dibagi 3, yaitu emas, elixir(semacam cairan kehidupan :p), serta dark elixir(sama seperti elixir, bedanya warnanya lebih dark serta dapetnya lebih susah, haha :p). Biasanya emas digunakan untuk membangun dan mengupgrade resources collector dan bangunan pertahanan seperti archer tower, canon, mortar, dan lain sebagainya. Sedangkan elixir digunakan untuk membangun dan menguprade resource collector dan tentara(khusus untuk dark elixir hanya dapat digunakan untuk membangun dan menguprade tentara khusus).

Clan dan Clan War.

Fitur yang unik dalam permainan ini adalah kita bisa membentuk suatu clan dengan teman . Clan adalah group yang yang anggotanya dapat berbagi pasukan dengan anggota lainnya yang berada dalam group (clan) itu. Fungsi dari pasukan tersebut adalah untuk membantu pertahanan base dan menyerang base lawan. Clan-pun dapat bertarung dengan clan lain dalam suatu waktu tertentu, yang dinamakan dengan Clan War. Clan War memungkinkan suatu anggota clan menyerang base anggota clan lawan, dan anggota clan lawan yang diserangpun bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Jika memenangkan suatu clan war maka anggota yang menyerang dan menyumbang bintang untuk clan-nya akan mendapatkan reward berupa resources (emas, elixir, dan dark elixir). Namun jika kalah, maka anggota clan yang sudah menyerang dan mendapatkan bintang akan tetap mendapatkan resource dengan jumlah yang lebih sedikit. Menang atau tidak suatu clan war ditentukan oleh perbandingan banyaknya bintang yang diperoleh clan dengan clan lawan. Jika banyaknya bintang yang diperoleh clan lebih banyak, maka dikatakan clan tersebut menang. Bintang diperoleh apabila anggota clan sukses menyerang anggota clan lawan.

Strategi.

Bicara mengenai strategi, maka akan banyak sekali strategi yang dapat dibentuk untuk menyerang ataupun mempertahankan base. Bisa dicoba dicari dengan google, maka akan banyak sekali situs-situs yang menawarkan strategi yang sesuai dengan tujuannya. Menurut dan sepengalaman Saya, tidak ada strategi yang paling baik untuk menyerang dan bertahan. Setiap strategi dibuat untuk tujuan tertentu. Defense.Untuk pertahanan, he he he, seperti yang Saya katakan tadi, tidak ada strategi yang paling baik untuk bertahan. Namun, setidaknya dalam bertahan dapat disesuaikan dengan tujuan bertahan:

  • Untuk mempertahankan base utama (Town Hall), sehingga meningkatkan trophy.
  • Untuk mempertahankan resource.

Mempertahankan keduanya secara bersamaan tidaklah mustahil, hanya saja sangat-sangat susah. Hal tersebut dikarenakan bangunan untuk pertahanan terbatas. Jika ingin meningkatkan trophy agar base utama tidak mudah hancur diserang pasukan lawan, maka kemungkinan besar resource akan dihantam dengan mudah, begitu pula sebaliknya.

Attacking.

Mirip dengan strategi untuk bertahan, untuk menyerang, pasukan yang dibangun disesuaikan dengan kebutuhan, dan base lawan yang akan diserang dipilih dengan kapasitas dari pasukan. Bedanya adalah, mungkin kita bisa lebih mudah mendapatkan lawan yang memiliki resource besar dengan pertahanan yang tidak juga begitu sukar untuk dihancurkan. Sekian dulu dari Saya, untuk strategi lainnya mungkin akan Saya tulis di lain kesempatan, hehe, ciao.

Iklan

Diterbitkan oleh

caisaroentoro

simple, script, balance

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.