Rooting dengan Kingo Root

Hello, see ya again blog readers,

Kali ini Saya akan berbagi mengenai rooting dengan Kingo Root. Mungkin sebagian agan disini ada yang belum tahu apakah Kingo Root itu. Kingo Root merupakan aplikasi yang membantu untuk memasang root(su) di HH. Ada 2 metode yang digunakan kingo root untuk melakukan rooting pada HH, metode yang pertama mereka sebut dengan exploits dan yang kedua dengan menggunakan flash custom recovery. Exploits adalah celah keamanan / bugs yang dapat dimanfaatkan oleh kingo root untuk memasang root di Android. Sedangkan flash custom recovery dilakukan dengan cara menginstall file zip pada saat masuk ke recovery mode. Kingo root lebih menitikberatkan rooting dengan metode exploits karena dipercaya lebih aman dibanding dengan flash custom recovery yang dapat menyebabkan HH bootloop / brick.

kingo-root-android

 

 

PS: Penulis belum pernah menggunakan Kingo Root untuk melakukan root di Android Personal.

Seperti yang telah penulis sebutkan di atas, kingo root menitikberatkan rootingnya dengan metode explotis. Namun perlu diketahui, setiap model Android (Samsung, Xiaomi, Oppo, dst) mempunyai lubang keamanan (yang dapat dimanfaatkan oleh kingo root untuk rooting) yang berbeda beda. Celah yang berbeda pada setiap perangkat menyebabkan tidak ada jaminan rooting menggunakan kingo root pasti berhasil. Kemungkinan berhasil akan semakin meningkat jika firmware yang dipakai merupakan firmware lawas. Sehingga jika HH yang pembaca miliki merupakan HH yang baru / software –nya update mungkin HH pembaca akan gagal di root dengan kingo root.

Untuk melakukan rooting denga kingo root caranya cukup mudah (perhatian, penulis tidak bertanggung jawab atas terjadinya kegagalan / keursakan HH pada proses rooting dengan menggunakan metode yang penulis sampikan di bawah):

1.Unduh aplikasinya pada link berikut: Link Download Kingo Root .

2. install file .apk yang sudah di-donwload (pastikan bahwa setting ‘unknown source’ di HH pembaca sekalian menyala).

3. Jalankan aplikasi lalu klik tombol kunci seperti yang di bawah: kingoroot-apk-main-interface

4. Tunggu beberapa saat sampai proses rooting selesai.

kingoroot-apk-rooting

5.  Kingo root mempunyai method exploit berbeda beda, namun hanya akan berjalan sekali setiap kali dijalankan proses rooting. Untuk itu, jika percobaan pertama gagal, maka dapat dilakukan percobaan berikutnya (artinya harus dicoba berkali kali agar bisa sukses). Jika sudah sukses, maka akan tampil gambar seperti berikut:

kingoroot-apk-root-succeed

Selamat! perangkat Anda sudah berhasil di – root. JIka HH pembaca sudah berhasil di root, maka aplikasi yang Saya sarankan adalah SuperSU dan File Explorer(ES File Explorer) yang sangat berguna untuk manajemen root dan file.

Untuk metode kedua atau yang disebut dengan flash recovery. Caranya berbeda beda tiap perangkat, bisa dilihat di: Rooting perangkat yang berbeda dengan kingo root. Namun, pada umumnya langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Anda akan diminta untuk mendownload paket twrp dan supersu.zip (berbeda beda tiap HH). Oh ya, pastikan anda sudah install driver HH anda di PC.
  2. Unduh file supersu.zip yang disediakan oleh kingoroot (berbeda beda tiap HH). Lalu ekstrak.
  3. Koneksikan HH dengan kabel USB (komputer).
  4. Ketik “adb reboot bootloader” di jendela cmd (aplikasi command line di windows). HH akan restart dan masuk ke mode fastboot.
  5. Flash  TWRP  file recovery dengan mengetik “fastboot boot (pull the twrp.img into cmd)”. (misalnya file unduhan tadi/paket twrp di D:\Kingo ROOT\tools\twrp-3.0.2-1-zeroflte.img, maka twrp.img diganti dengan  D:\Kingo ROOT\tools\twrp-3.0.2-1-zeroflte.img.
  6. Tunggu sampai custom recovery terinstall sementara di HH pembaca masing masing.
  7. Salin supersu.zip ke perangkat Anda. (biasanya ke sdcard)
  8. Tap install dan pilih supersu.zip yang telah di salin ke HH pembaca, lalu pilih ‘swip to confirm’ pada bagian bawah, maka supersu.zip akan terinstall secara otomatis.

Mudah bukan proses rooting itu? Sekian dulu sharing Saya tentang rooting menggunakan Kingo root. Semoga bermanfaat, see ya later!

referensi: KingoRoot for Android

Hacking

Iklan

caisaroentoro View All →

simple, script, balance

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: