EFS (Encrypted File System) di Android

Hai blogger, kali ini Saya akan berbagi tentang EFS atau Encrypted File System dan fungsinya di HH Android readers sekalian. Langsung aja cusss

Apa itu EFS?

EFS merupakan folder yang menyimpan informasi seperti meid, imei, serial number, konfigurasi, pengaturan diag, pengaturan radio, dan lain sebagainya yang di disimpan dalam format terinkripsi. Jadi sangat penting untuk melakukan backup folder ini sebelum melakukan flash ROM.

imei
imei how to

Apa yang menyebabkan EFS hilang?

Seringkali EFS hilang karena keteledoran pengguna yang tidak berhati hati, seperti contohnya melakukan flash rom tanpa melakukan backup dan dengan metode yang salah atau bahkan mencabut baterai ketika ponsel dalam keadaan hidup bisa mengakibatkan EFS corrupt.  Cara mengecek EFS apakah hilang atau tidak cukup mudah cukup tekan *#06# pada dialer, atau melaui menu settings -> about phone.

Apa yang terjadi jika EFS hilang?

Jika EFS hilang / corrupt biasanya tidak akan muncul nomor IMEI, base band nya tidak diketahui, tidak ada sinyal radio dst, yang berarti ponsel tidak diketahui oleh carrier(provider).  Kasus lain adalah jika ponsel dicuri / dijual lagi, maka ponsel tidak bisa  dikenali karena IMEI tidak ada. Jadi alangkah baiknya untuk mengecek IMEI dari ponsel dahulu apakah cocok dengan IMEI yang ada di dus / di ponsel (biasanya terletak di dekat baterai).

Bagaimana cara backup EFS?

Untuk mencegah hilangnya EFS, maka EFS perlu di backup terlebih dahulu. Banyak aplikasi aplikasi di play store yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan backup & restore EFS (IMEI). Seperti contohnya aplikasi EFS☆IMEI☆Backup, ataupun manual dengan ADB Debugger seperti di website ini. Pada umumnya, untuk backup IMEI, ponsel sebelumnya harus di – root  terlebih dahulu. Untuk lebih jauh bagaimana cara root HH, bisa ke sini. Namun perlu diketahui, ponsel yang di root mempunyai keuntungan dan kerugian, seperti yang Saya jelaskan di sini.

Bagimana pembaca? Sudah mengertikah tentag EFS? Semoga sudah ya, hehe. Sekian dulu sharing dari Saya tentang EFS (dan IMEI), semoga memberi manfaat pada readers. Happy Blogging!

Iklan

Diterbitkan oleh

caisaroentoro

simple, script, balance

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.