VGA nVidia Prototype yang ‘menipu’

Halo guys, kali ini ane mau cerita pengalaman pahit berbelanja online VGA di salah satu Olshop di Toped. Jadi gini ceritanya, suatu hari (halah, kira kira  tanggal 2/3 Januari 2017) ane sedang iseng iseng liat vga komputer di toped. Seperti biasa, ane kalau pengen / iseng belanja di toped biasanya pake fitur yang paling ane suka, yaitu fitur sorting. Biasanya kalau belanja, ane sorting dari penjualan dan harga. Dengan begitu pikir ane, at least akan tampak barang dengan harga yang paling murah dengan penjualan yang lumayan juga. Dengan penjualan yang lumayan  itu kan bisa mengira-ira (dikira kira),  toko itu kualitas layanannya gimana sih. Kualitas tentunya dilihat dari rating, kalau ratingnya 4.5 ke atas, maka worthed lah untuk membeli barang di toko tersebut.

Dus box VGA Prototype
Dus box VGA Prototype

Dan sampailah ane pada suatu toko, yang menjual VGA merk nVidia Prototye GT 630. Memang banyak sih toko lain yang menjual produk dengan merek serupa dan harganya pun hampir sama, ya kalau beda, beda dikit lah paling kisaran 50-100 ribuan. Dan sialnya produk ini ada di daftar pencarian paling atas (huft). Ane memilih toko  otersebut karena vga nya dijual paling murah (510k) dan user ratingnya juga lumayan (sekitar 4.5) waktu itu, ditambah lagi ada sekitar 30 orang lebih yang telah transaksi di toko tersebut untuk membeli VGA itu. Gimana nggak kepincut beli coba??

VGA Prototype nVidia GT 630
VGA Prototype nVidia GT 630

Nah, tentunya kalau beli VGA ane liat spek dulu dong. Dengan harga kisaran 510 ribuan disandingkan dengan speknya, pertama ane mikirnya wow. Soalnya dengan harga segitu udah dapet  VGA nVidia GT 630 dengan Memory 2GB DDR3. Wew, mayan juga ya, ane liat gambarnya juga oke, terus ane search di Google ada infonya tentang VGA ini. Tapi sayangnya ane kurang teliti, karena yang ane search adalah nVidia GT 630 tanpa embel embel “Prototype”. Untuk foto produk yang ane beli seperti ini:

VGA Prototype
VGA Prototype

Meyakinkan bukan??

Waktu ane mau beli, sebenernya ane liat ada satu orang yang review kalau produk ini nggak bisa dipakai di windows 8 tapi ane pikir mungkin karena mobo dia nggak support atau faktor x yang lain. Tanpa mikir lebih panjang ane pun beli VGA tersebut. Proses transaksi pun selesai, VGA “impian” telah tiba.

Dengan semangatnya ane pasang vga baru di pc ane. Dilihat dari fisiknya, mantep juga vga nya. Kipasnya dua, dengan body yang agak besar, tampak galak dengan harga murah. VGA pun terpasang PC pun dinyalain. Salah satu keunggulan windows 10 adalah dia akan install sendiri driver hardware jika ada koneksi ke internet. Setelah PC udah download driver & install drivernya, terus ane reboot tuh PC. Agak aneh sih emang, biasanya kalau PC habis install driver VGA, resolusinya akan menyesuaikan dengan resolusi layar tanpa harus direboot, tapi kali ini nggak, bodo amat ane reboot PC ane.

Setelah reboot dan PC nyala,

jeng jeng….

Drivernya tampak tidak berfungsi, tidak ada opsi buat konfigurasi VGA pada umumnya, dan resolusi layar tidak sesuai dengan resolusi default monitor. Mulai deh dag dig dug ane. Ane langsung liat deh di device manager, kedetect sih, tapi ada tanda warning kuning gitu. Kurang yakin dengan info di device manager, ane download CPU – Z. Dan setelah ane liat info untuk GPU nya, oh my God serial VGA nya nggak kedetect, walau vendor VGA nya ke detect nVidia, hiks. 

CPU - Z Undetected
CPU – Z Undetected

Panjang, akhirnya ane cari di internet tentang vga ini, dan akhirnya ane nemu suatu forum di kaskus kalau vga ini memang banyak barang fake / palsunya, :'(. Maksudnya palsu di sini adalah adanya perbedaan antara keterangan  di dus box yang menyebutkan Geforce 630,tapi jika di install driver dari web nVidia nya hasilnya nihil, nyesek gan. Ada pula yang menyebutkan kalau vga ini chipnya bukan yang dipakai gt 630, tapi chip lain yang dipakai di gt 220 😂😂😂.

Padahal udah kedeted GT 630
Padahal udah ke-detect GT 630 & install driver tapi masih aja nihil 😥

Setelah ane teliti lagi barangnya ane baru nyadar kalau di dus box tidak ada segel, tidak ada keterangan garansi, tidak ada manual, dan tidak ada pula keterangan kontak untuk support nya, duh tambah nyesek lah pokoknya.

Jadi buat pembaca yang mau beli vga dengan merk prototype harap hati hati, saran & info ane:

  1. VGA ini kebanyakan tidak sesuai dengan yang di dus, di dus bilangnya GT xxx tapi kenyataannya ndak bisa diinstall driver yang sesuai. (Untuk download driver nVidia resmi, biasanya di sini: http://www.nvidia.com/Download/index.aspx)
  2. Cek dulu kalau mau beli vga ini, karena nggak ada garansi resmi dari pabrikannya, plus nggak ada kontak support(web segala macem).Yang ada cuman cd driver sama kabel power 😂😂. Diskusi lah sama penjualnya.
  3. Kebanyakan hanya cocok di windows 7 , untuk versi windows di atas itu, wassalam. Tanya penjualnya kalau nggak percaya.
  4. Driver yang bisa diinstal adalah driver bawaan. Driver resmi nggak bisa diinstall, yah namanya juga abal abal 😂😂.

Sebagai tambahan, berikut ane lampirkan hasil SS dari seorang korban yang juga curhat tentang abal-abalnya VGA prototype (maaf salah, ternyata ini bukan merk prototype, tapi  dilihat dari bodynya, sangat mirip sekali dengan merk prototype yang ada. Seller yang diceritakan penulis mengatakan bahwa merknya jeggy. Sourcenya bisa di lihat di sini). Sayangnya dia bongkar barang sebelum di return :'(, jadinya tidak bisa di return karena barang sudah dibongkar. Sebagai pengalaman aja, coba aja dulu di OS windows versi yang lebih baru kalau mau ngetest VGA, lalu sertakan bukti bukti download dari web resmi (nVidia / AMD) agar bisa direturn, jangan dibongkar lalu minta return. Karena kecil kemungkinan seller tidak mau menerima return barang  yang sudah dibongkar :). Kalau terlanjur bongkar ya paling sebarkan lewat sosmed / kasih review dengan bukti gambar biar yang lain bisa lebih hati hati.

Well, mereknya mungkin bukan prototype, tapi coba lihat ciri khas kipas & body
Well, mereknya mungkin bukan prototype, tapi coba lihat ciri khas kipas & body
Samar pada GPU tertulis kode GF106
Samar pada GPU tertulis kode GF106

Sebagai info aja, nVidia TX 750ti pake GPU GM107 yang luas GPUnya cuma 148mm persegi, padahal umumnya GF106-250 dipakai diVGA varian GTS 450.

Ini lebih jelasnya, chip VGA yang dipakai
Ini lebih jelasnya, chip VGA yang dipakai

Oh ya, selain merek prototye, ada juga merek lain yang terindikasi palsu, misalnya Bulldozer dan Jeggy. Mirip prototype, dusbox VGA ini depannya menggunakan embel embel nVidia. Ini contoh penampakannya:

VGA Bulldozer
VGA Bulldozer

Mungkin ini ada beberapa tips dari ane untuk mengindikasikan VGA palsu:

  1. Di dusnya tertulis: ‘Compatible with Windows 7’. Logisnya gan, kalau VGA baru (tahun 2013 ke atas), tidak perlu ditulis compatible with windows 7 segala. ‘Compatible with Windows 7’ mengindikasikan kalau versi terakhir yang didukung untuk windows adalah windows 7.
  2. Kualitas printing di dusnya bisa dibilang jelek, bisa dilihat di SS ane di atas. Dusnya pun tampak seperti dus ‘bekas’.
  3. Harganya sangat murah, tapi speknya bagus. Coba cari dulu perbandingannya dengan merk ASUS / yang lainnya. Mungkin ada VGA murah dengan kualitas OK, tapi hampir semua murah itu murahan.
  4. Dusnya tidak bersegel. Kalau beli online ada baiknya tanyakan dulu, dusnya bersegel enggak gan. Kalau enggak segel, lebih baik dihindari.
  5. Pembungkusnya biasanya bubblewrap berwarna (merah). Terus hanya terdapat CD tanpa kartu garansi / buku petunjuk installasi. Kalau asli biasanya ada kartu garansi /  buku petunjuk installasi.
  6. Tidak bisa di ‘googling’ web resmi vendor/ pabrikannya. Well, kalau pengalaman ane sih, yang asli & terjamin kalau dicari di web pasti ada support centernya.

Ini ada tambahan tips kalau mau beli VGA dari komentar Rahmat Andika:

-Artefak tidak sering muncul hanya saat bermain game berat,
-Update driver diatas 340.52 seperti 344 atau 350 “BLUESCREEN” , dan update driver sepert 378 tidak akan terbaca.
-Coba anda bermain Counter Strike dengan dengan jenis graphic OpenGL (opengl adalah recomend cs) atau bermain AngryBirds (jenisnya memang OpenGL) pasti menemui masalah tidak support OpenGL 2.0 atau Bisa BLUESCREEN/Hang. Padahal Vga ini sudah pasti support di atas itu.
-Saat di cek teknisi toko memang tidak ada artefak karna lagi mode standby, suruh lah ia Update Driver diatasnya atau suruhlah bermain BATTLEFIELD3 atau AssassinCreed Black Flag dengan settingan LOW, kenapa saya menyarankan game ini ? Karna ini game walau setting Mediumpun di gt 630 versi ori pasti ngangkat . Beda dgn gt 630 abal2 yg akan Artefak dijamin.
-Ingat jgn mau dibohongi oleh teknisi toko dengan alasan ini itu cpu anda bermasalah, karna ini vga emg abal2, tetap bersikeras dengan cara anda.

Sekian dulu share dari ane gan, saran ane kalau mau beli barang elektronik online harus lebih berhati hati.Tanyakan dulu seluk beluk barangnya secara detail, garansi, dan lainnya. Soalnya, untuk VGA yang asli bukan fake / hasil flash / abal – abal, biasanya ada garansi dari produsennya & bisa diinstall latest driver dari nVidia / AMD (untuk yang baru ya). Akhir kata wassalam.

Referensi:

  1. Forum kaskus 1
  2. Forum kaskus 2
  3. Forum kaskus 3
  4. Komunitas tangan belang
  5. Techpowerup

Review

Iklan

caisaroentoro View All →

simple, script, balance

108 Comments Tinggalkan komentar

  1. Gan ane juga punya prototype, tapi gtx 750. Ane bisa installer driver dari web Nvidia, spek sama persis, ada sering Nvidia, tapi kali buat game tertentu suka artefak terus keluar game, tapi setelah keluar dari game normal, apa ini punya ane yang palsu ya gan?

    Suka

    • Wah serius gan bisa diinstall dari web nvidia nya? Versi windowsnya berapa tuh gan?
      Coba diupdate dulu gan driver nVidianya melalui auto update (windows). Kalau nggak bisa, dipastikan abal abal (palsu gan), hehe 😀
      Kalau dilihat dari web nVidia-nya sih spek segitu mah main game apapun (dengan settingan normal) lancar gan.
      Setau ane, hampir semua merk prototype itu VGA abal-abal.

      Suka

  2. Gila, gue baru baca yang beginian (gue pikir gue doang yang ngerasa dibodohi sama toko di bukalapak), gue termasuk pemakai GTX 750 dari Prototype, dan ane sendiri bingung, padahal driver sudah paling update, keluaran 2017, tapi buat edit foto doang di photoshop selalu gagal. ane heran. Padahal photoshop kan enteng. Ane baru pakai kurang lebih 1 bulan, kemarin pakai main game, gak bisa pas main game WatchDog 1 dan 2, bahkan game lebih lama kaya game COD Black Ops 1 aja juga crash ditengah permainan. Dari C++ sampai java, sampai directX udah diinstal semua, tapi tetap ga bisa.
    Parahnya pas lagi editing dan lagi dikejar deadline, mati dah gue kesel banget sama nih Graphic Card, lebih dari 10 kali layarnya mati, dan akhirnya keluar dari aplikasi, sampai yg paling parah tuh bluescreen, tapi sebelum bluescreen biasanya flicker dulu, rada ngeglitch gitu.
    Sumpah nyesel gue pakai ini, balik lagi ke VGA lama jadinya, Radeon R7.

    Suka

    • Yeps, kalau ane sih habis pasang di pc langsung nggak bisa kepake, soalnya resolusinya jadi kecil, padahal sudah download driver dari web resmi. Untungnya sih bisa di balikin tuh VGA (setelah debat panjang sama pemilik toko & harus dipotong). Tapi bersyukur uang nggak ilang semua dengan sia sia 😀

      Suka

  3. tapi punya ane GF108 , driver pake bawaan cdnya ,, trus ane tes COD BO , COD MW2 , COD MW3 , MAFIA 2 , SKYRIM , semua pake settingan maksimal res : 1440×900 , lanjay ajah tu gada masalah ,bahkan COD MW2 dan MW3 res : 1600×1200 masih lancar . tanpa over clock karna emang gk trlalu ngaruh malah bikin naik suhu.
    driver : 340.52-desktop-win8-win7-winvista-64bit-english-whql

    Suka

  4. Jangan beli merk prototype. Saya beli GT 220 merk ini. Memang bisa untuk dipakai tapi untuk game tertentu seperti Game Counter Strike Online, ketika akan masuk room permainan maka computer tiba-tiba restart sendiri. Sementara GT 220 merk lain yg terkenal tidak begitu. Walaupun memory merk prototype 1 Gb lebih tinggi dari merk lain yg memory hanya 512. Dan juga saya perhatikan CD Driver bawaan di kotak dus prototype tertulis versi driver 341.95 tapi ketika saya install driver tersebut masih versi 306 jadi memang penipu.

    Suka

  5. Senasib dengan gua , tapi kaga Prototype melainkan SuperGraphic GT 630 juga. Permasalahan persis ama TS dan para komentar blog. Ane waktu itu belinya tgl 2 Januari 2017, karna ane sibuk kerja jadi belum tau jenis2 VGA jadi ane beli2 aja ,jalan 3 bulan ini ane nemu kejanggalan2 … update driver terbaru “tidak terbaca” update driver diatasnya seperti 350 “BLUESCREEN” artefak saat bemain game berat saja, jika sedang “Standby tidak ada” .Saran ane cepat claim garansi toko .

    Suka

  6. Saran ane cepat2 “Claim Garansi toko” jika menemui gejala berikut :
    -Artefak tidak sering muncul hanya saat bermain game berat,
    -Update driver diatas 340.52 seperti 344 atau 350 “BLUESCREEN” , dan update driver sepert 378 tidak akan terbaca.
    -Coba anda bermain Counter Strike dengan dengan jenis graphic OpenGL (opengl adalah recomend cs) atau bermain AngryBirds (jenisnya memang OpenGL) pasti menemui masalah tidak support OpenGL 2.0 atau Bisa BLUESCREEN/Hang. Padahal Vga ini sudah pasti support di atas itu.
    -Saat di cek teknisi toko memang tidak ada artefak karna lagi mode standby, suruh lah ia Update Driver diatasnya atau suruhlah bermain BATTLEFIELD3 atau AssassinCreed Black Flag dengan settingan LOW, kenapa saya menyarankan game ini ? Karna ini game walau setting Mediumpun di gt 630 versi ori pasti ngangkat . Beda dgn gt 630 abal2 yg akan Artefak dijamin.
    -Ingat jgn mau dibohongi oleh teknisi toko dengan alasan ini itu cpu anda bermasalah, karna ini vga emg abal2, tetap bersikeras dengan cara anda.

    Pengalaman Pribadi hehe
    * Sekian

    Suka

  7. Broo,guwe juga punya Nvidia Gtx 680 ni bro,yang merk “prototype”.ketika guwe install nih driver,dan guwe nyari di internet dan ini situs yang paling resmi untuk NVIDIA driver “http://www.nvidia.com/Download/index.aspx”,guwe nyari tipe geforce600 seri GTX680 terus guwe cari tuh yang LATEST VERSION alias versi paling baru (2017),nah guwe download tu file nya,namanya “Geforce 381.65”.selesai download,dan selesai install tuh drivernya,lalu gue cek di device manager,dan guwelihat driver tidak ada masalah apapun tuh bro…. entah gk tau???.malah versi paling terakhir itu broo “381.65”.dan driver nya juga kedetect di device manager.guwe main CS:Source setting high lancar,main MXGP2,setting High juga lancar,dan main Battlefield 3 setting High juga lancar aja tuh broo gk ada masalah.

    tapi ketika guwe lihat Post lhu tentang “VGA NVIDIA PROTYPE PALSU”,guwe kok ngerasa aneh sama Vga lhu yang lhu beli itu ya???,perasaan kan ketika lhoe beli seharusnya work broo.untuk seri vga lhu,seharusnya coba download dan install geforce yang tipe ‘340.52″ aja.soalnya GT630 Versi yang paling paling dan sangat paling baru itu yang versi driver “340.52”

    Suka

  8. Buat Agan MADDOG DOG yg sabar ya gan saya pastikan itu VGA ente GTX 680 DDR3 alias PALSU . Karna setau ane seri GTX 650 ke atas tidk ada DDR3 , karna semua sudah GDDR5

    Suka

  9. hmm nampaknya banyak juga yang ketipu ya
    dulu saya juga pernah ketipu dengan gt 630 tapi dari supergraphics (harga 700 ribuan)
    dan alhasil game yang sanggup paling tinggi nfs hp 2010 (low fps playing)
    karena kesal (mumpung baru 2 hari pakai ) jadi saya kembalikan ke toko
    mujur pemilik toko mau menerima, dan duit saya kembali walaupun hanya 690 ribu.
    lalu saya browsing cari graphic card terbaik di kelas budged graphic card
    saya menuin msi gtx 750ti 2gb (1.500.000)
    hasilnya game terbaru seperti nfs reboot, gta 5, dll bisa dimainin lancar (seting high not ultra)

    jadi buat anda semua yang mau beli graphic car beli aja yang vendornya pasti
    seperti msi, asus, gigabyte, zotac (gpu nvidia)
    saphire, his (gpu amd)

    Suka

  10. Makasih banyak gan info nya tadi nya ane mo beli juga vga merk prototype tapi setelah baca TS dn yg lain nya ane jadi ogah ngeri dah takut senasib.

    Sekali lagi makasih banyak agan2 info nya.

    Suka

  11. Wah sangat membantu gan,untung saja ane belum beli nih ,rencana besok mau beli via BL,,Eh untung googling dulu baca ni curahan hati panjang lebar,ahirnya terbuka deh pintu hati yg sempat gelap ini,,hahahahah thx gan infonya

    Suka

  12. Wah, saya jg waktu itu hampir ketipu di harco mangga 2, saya beli GT 630 merek Buldozer pas dipasang di rumah ga nyala, ane utak-atik jg ga nyala2 trus ane bawa PC ane + VGA nya ke tokonya, pas disana VGA nya nyala, ane bawa balik lg ke rumah, ane install deh drivernya, pas di test game pertama lancar, eh ga nyampe 5 menit langsung artefak trus game nya crash, ane bawa balik lg ke tokonya ampe 3X di ganti VGA nya tetep sama artefak semua, y udah akhirnya ane minta retur, setelah berdebat panjang am pemilik toko akhirnya dibalikin lg duit ane walaupun dipotong 15rb..,

    Suka

    • wah, sampe bolak balik harco bawa bawa PC :O, nggak rempong gan? :D. btw emang sih lebih enak ketemu langsung dengan penjualnya biar bisa dicoba, tapi tetep harus teliti juga. akhir-akhir ini(mei/juni 2017), vga ini mulai muncul lagi di pasar (online). jadi untuk para pembaca harap hati – hati ya kalau mau beli vga, pastikan asli bergaransi

      Suka

  13. Prototype itu vga palsu,saya permilik gtx 680 ddr3 dan beli 2 tahun yang lalu,maen game simulator seperti second life aj langsung artifak,setelah saya selidiki tenyata prototype itu vga palsu,melayang 800K gw,skarang sih saya pake vga geniune seperti,asus,msi,palit dan gigaybyte dan galaxy :D(pake gtx 950 galaxy,gtx 650 palit dan gtx 750ti),untuk kakak yang terlanjur beli merek prototype mohon secepat nya di balikin,blog ini recommend untuk bagi yang pernasaran vga merek prototype,super graphic dan bulldozer btw kk Caisara mohon di update blog iniya sebab di ebay dan di indonesia muncul vga palsu bermodel seperti ini : http://i.ebayimg.com/thumbs/images/g/5NEAAOSwa~BYV5e0/s-l225.jpg,bahkan sudah ada di jual di bukalapk >3<
    maaf klw bahasa indo saya jelek,greeting :3

    Suka

  14. tapi sepengalaman ane gan udah pake ni vga selama 6 bulan memang bnyak kendala2 contohnya klo di update pke driver pack/sebagianya malah error ni resolusinya pun berubah ke resolusi default bukan resolusi kaya vga bawaan. tapi karna udah mulai terbiasa ane pake wat game kek pes 2017,re6 lancar2 aj di fps 60an(bisa jadi karna ram sma processor yg mempuni) trus ane coba di windows 10 ternyata bsa gan tpi harus instalan dri driver cdnya.

    Suka

  15. astagfirullah, jadi bener dugaan saya selama ini, saya mengalami hal yg sama seperti agan ts, ini pengalaman pribadi saya juga mas. saya belum lama beli VGA nvidia GT 730 2gb Digipro, kasusnya sama kek agan, dulu beli krn tergiur dgn harganya yg murah(500k), saya juga sama liat review utk pc saya bisa atau ngga. akhirnya saya pesan dan vga tiba. waktu itu saya liat barang memang sesuai seperti yg ada di lapak tokped(saya beli online lokasi penjual di medan dan rumah saya di bandung). saya buka dus vganya, awalnya saya heran krn vga baru tidak disertakan buku panduan dll yg saya tw selama ini, vga di bungkus pakai bubblewrap berwarna (merah) seperti agan ts. waktu itu saya tidak menghiraukan apa” dan langsung pasang ke pc saja. waktu itu saya pkek w10, langsung pasang vga krn pasti bakal keinstal otomatis, tpi nyatanya ngga, sudah berulang kali pkek update-an resmi dri situs nvidia tetap tidak bisa, tpi kalau pkek yg versi 340.52 dri kaset bisa. awalnya saya heran knp layar pc kedap-kedip, tpi saya hiraukan, saya waktu itu tes main god eater 2(versi pc) di set medium-high lancar, nah tpi sewaktu saya coba battlefield 4 layar selalu nge glitch dan error, pdhal pas ingame awal” lancar. waktu itu saya diskusi juga sama penjualnya ini ada problem, dia menyuruh teknisinya utk menjawab. waktu itu cara komunikasinya pkek team viewer, dia hanya melihat pc saya dan mencari driver di situs bukan nvidia, tpi setelah saya coba instal, msih tetap tidak bisa ke update, dia akhirnya menyerah dan menyarankan saya utk kembali lgi instal ke w7 saja. akhirnya saya putuskan balik instal ke w7, dgn berat hati pdhal saya masih betah pkek w10. setelah kembali ke w7, masih tetap sama tidak bisa di update, tpi kalau pkek versi 340.52 bisa. memang sih layar pc tidak kedap kedip lgi, tpi yaitu ketika bermain game, beberapa game msih selalu ngeglitch di layar lalu crash, skrg juga pc saya malah kadang suka bluescreen, pdhal ketika dulu belum pkek vga jarang bnget yg namanya bluescreen. saya selalu mencari cara bagaimana cara meng-update drivernya agar berfungsi normal, tpi segala cara masih ga bisa. akhirnya ya saya capek dan kalau mau minta ganti rugi ke penjual juga ga akan mungkin sih. nah tadi saya lgi browsing penasaran nyari cara lgi dan nemuin tread agan ini, dan saya kaget ternyata bukan saya aja yg ngalamin hal begini, dan memang percis sama banget pengalaman saya sama agan ts ini. skrg sih yg dirasa capek iya, kesel iya, kecampur semua.
    Ya, ini mah saya sekedar berbagi pengalaman saya juga, dan gambaran buat saya utk kedepan lebih berhati” kalau mau beli vga, dan maaf kalo komenan saya ini terkesan panjang dan memang berisi curhatan krn sama” ketipu beli vga butleg kek agan :”). Semoga utk kedepan yg mo beli vga lebih hati”, dan kalau bisa, kalo mau beli vga lebih baik CODan atau langsung ke toko penjual yg bersangkutan, agar bisa langsung dicoba. 🙂

    Suka

      • sebenernya saya juga pengen minta return kek agan, cuma ya krn gapteknya saya masih nganggep ini semua salah komponen pc saya yg lain, dan telatnya saya liat tread agan ini, ya jadi saya ga ngehubungi orangnya lgi, saya liat di postingan tokpednya juga sudah tdk ada lgi, dan lagi pemakaian vga saya sudah beberapa bulan. emang lgi kena sialnya aja saya ini, lain kali memang kudu lebih teliti dan hati”. thx sarannya gan~

        Suka

    • yang jelas gan kalo liat vga jangan di toko online, di web / forum sekalian soalnya pasti nafsu liat harga murah dengan spec mumpuni baru lagi :)).

      mending beli 2nd hand tp merek terkenal kalo budget tipis
      soalnya harga sekian (range 500k ~ 750k) agan bisa dapet r7 radeon kebwah klo ga gtx 660 kebawah

      Suka

  16. ane juga baru semalam beli gta 630 2gb 128 bit dengan harga 425 ribu merk digipro. ane cobain semalan sampe pagi ngetest di win 7 sama win 10 kagak berhasil update driver. gak kebaca di cpu z sama gpu z. untungnya penjual nya ane minta refund dianya mau walaupun lewat 25k. tpi gpp dari pada hangus semuanya. mending kalo mau beli vga yang udah bermerk yg udah terjamin aja gan. waluapun harga lumayan namun kualitas gk abal2 kayak gini. bagi agan2 yg mau beli hati2 sama merk prototype, digipro, buldozer, dll. di kota ane banyak juga yg ngejual tuh barang merk digipro. jadi hati2. rating memang bagus bintang 5 di toped namun jangan tertipu. lebih baik namabah uang 100k – 200k dari pada make vga yg mungkin bekas2 artifak yg di perbaiki dan di rebrand ulang. semoga temen2 yg lain kagak kena kayak ane. mau murahnya doang ujung2nya buntung 🙂

    Suka

  17. ane pernah bongkar nih vga sama persis kaya punya agan. dalam nya ternyata bukan gt 630 tetapi G94-300-a1 Alias 9600 GT. Udh begitu chip gpu jelek banget pinggiran nya banyak yang coak patah, ini vga ngga akan tahan lama dengan kondisi chip begitu, Dipakai setengah tahun paling rusak

    Suka

  18. Kebetulan udah ada setaun yang lalu ane beli PC dengan spek: Phenom 2 X4 955, GTX 750, RAM 8GB MB VVKOU di range harga 2jtan ane ga sempet curiga apa2 sampe ane coba nyalain itu PC malah sering bluescreen ane bongkar pasang masih tetep juga Bluescreen dan Blacksreen mulu.. Akhir nya ane coba lepas RAM yg satu karena beda TIPE PC nya mulai lumayan jarang bluescreen, tapi ya gitu misal ane pake ngegame yg berat kayak GTA V, AC Blackfag, Farcry 4 keluar artefak mulu sampe ane install ulang windows berkali2 tetep juga artefak.. terakhir kemaren ane bongkar itu VGA nya ane bersihin terus pakeiin pasta tetep masih aja ngeglitch klo di pake game2 berat klo cuma DOTA 2, sama game2 strategi msh lancar banget gan huhuhu

    Suka

  19. baru mau beli baca ginian. gak jadi deh. niat beli buat di kantor. beda jauh banget sama yg gw beli buat dirumah. prototype gtx 750 sama MSI gtx 750. bedanya sejuta XD

    Suka

  20. sialan vga, ane beli 465 ribu pake duit ane… pas ane instal serig blue screen dan kedap kedip…

    ane update driver, malah gk detect huu sialan

    mana ane lame duit adek lagi -_-

    Suka

    • tips membeli barang yang original:
      1.lihat kualitas box kalau bagus bisa dibilang itu barang bagus (original)
      2.lihat isi packnya ada kartu penting ini gak :-kartu garansi,dan -buku panduan(user manual)
      kalau ada juga bisa dibilang itu barang bagus (original)
      3.apa barangnya dibungkus dengan bungkus yang layak? kalau ya bisa dibilang itu barang bagus (original)
      (tapi tidak semua barang bagus bisa dilihat dari segi ini)
      4.yang paling penting sebelum dibuka lihat apa ada segel pabriknya tidak kalau disegel oleh pabrik ternama
      sudah dipastikan itu adalah barang bagus (original)
      yang cerdas ya dalam membeli barang

      Suka

  21. Laptop ane juga mengalami hal yang serupa, padahal dulu dipakai masih normal2 aja. Ga prnah update diatas 340.52. Soalnya saya pake buat tugas ,jarang buat main game.
    Laptop saya seri asus A46CM i7 3517u nvidia geforce gt635m
    Pas saya jual Laptopnya ternyata, Dicoba untuk main game Pes, katanya blue screen, gara2 update an nvidianya dia pake yg terbaru 385.xx.
    Ane jd gaenak, pdhal laptop dri dulu normal2 aja, stelah mampir forum ini, trnyata ane g sndiri.
    Yg ane heran kenapa laptop aja nvidia gt635 nya aja bisa protoype gini

    Suka

    • ,,permisi gan,,,numpang ikut komen,,setau ane,,semua generasi VGA dari mulai TNT 2- NVidia Vanta, GForce MX, FX, hingga generasi GTX,,,semua generasi VGA untuk dukungan Drivernya tuh ada batas maksimalnya gan,,ngga mentang2 ni VGA ori (walaupun generasi lama) tapi masih bisa supoort driver terbaru,,,ngga juga,,,karena untuk driver generasi baru kalau diinstal untuk VGA bbrp generasi dibawahnya itu ada batas maksimalnya gan,,,ngga selalu driver terbaru support VGA lawas,,karena instruksi di chipset rentangnya sudah sangat jauh dengan instruksi di driver yg terbaru,,,,jadi mungkin laptop agan maksimal hanya support di driver 340. dan bbrp versi sedikit diatasnya,,,lagian juga update driver pengaruhnya cuma kisaran 5-10% doang kok,,itu jg untuk fps game,,,tapi kalo untuk aplikasi office mah ga ngaruh sama skali,,,cukup pake driver yg cocok versinya aja udah cukup kok gan,,ga mesti update-update,,yg penting program lancar jaya,,,skian infonya mungkin berguna,,trim’s

      Suka

    • rusak itu gan gue a46cm versi i3,, matot diperbaiki bisa nyala tapi vga nvidianya tanda seru kuning, mau win7 atau win10 sama aja driver lama atau baru,, jadi yaa vganya gue disable aja pake intel hd4000 bawaannya jadinya

      Suka

  22. Mending merk Afox gan, ane udah pake 2 taunan gak ada kendala.. harganya beda dikit sama prototype
    ada web resminya jg kalo mau nyari driver.

    Suka

  23. Makasih banyak masbro atas berbagi pengalamannya. Ane niatnya mau sikat ini barang utk gantiin 9300 yang udah uzur, tapi setelah mampir kemari langsung batal demi hukum. ha.ha.ha….
    Sekarang ini buanyak banget merk ini bermunculan di Toped. Anehnya, di salah satu toko malah udah terjual 90 ekor. Bahkan dijual juga di toko langganan ane di Harco.
    Sesuai saran2 di atas, mending beli yang dari merk2 udah jelas aja seperti : msi, asus, gigabyte, zotac (gpu nvidia)
    saphire, his (gpu amd).

    Suka

  24. Beberapa bulan lalu (cukup lama ga sampe setahun) ane juga beli Prototype GTX680 dgn harga sekitar 800k lebih ane dah lupa, dari awal emang udah curiga nih barang ngapa bisa murah bgt, tapi ane beli juga buat coba, dan ternyata hal sama ane alamin seperti kata TS, memang sulit dipercaya buat merk yang ga jelas seperti ini, VGA hanya pernah nempel ke PC ane kurang dari 2 minggu doank, sampai sekarang masih ane simpen di dus buat kenang2an salah beli barang aja (secara niat awal memang buat coba-coba).
    buat catatan aja: ada harga ada kualitas, jadi kalo pengen yg bener bagus ya beli yg udeh terkenal.
    kali ada dimari yg punya pengalaman beli VGA murah tapi kualitasnya ok, monggo di share…

    Suka

  25. ,,,sekedar info aja nih,,,untuk merk2 diatas,,sebenarnya adalah hasil dari rebrand dan modifikasi pada bios di chipset2 lama,,,contoh GTX 680 adalah mod dari 8800 GT/GTX series,,,ada jg ngambil dari bbrp seri 9xxx (9300-9400-9500-9600/GS/GT),,,ane pernah baca2 di forum2 luar,,menurut rumor yg beredar masa kejayaan NVIDIA puncaknya adalah waktu mengeluarkan GForce seri 8xxx,,,karena begitu boomingnya hingga mencetak chipset overproduksi,,,hingga rumor yg beredar waktu itu untuk sri 9800 langsung digantikan oleh seri 9900 tapi itu ngga lama cuma bbrp bulan aja,,,,nah disitu timbul pertanyaa,,knp NVIDIA ko terlalu cepat mengubah seri 9xxx beralih ke generasi GTX,,???,,jawabannya waktu itu adalah,,,karenan untuk pengembangan pada CUDA core di inti GPU dan perubahan arsitektur di chipset GPU nya,,,,lalu gimana nasib chipset seri 8xxx dan 9xxx yg tersisa,,??,,ada pihak2 yg siap menampung stok chipset tersebut ( tapi tidak dijelaskan oleh pihak mana ),,,nah mungkin setelah tu barang di timbun skian lama,,,baru taun2 ini tuh barang di kluarin lg dengan merk2 yg udah di modif,,,disini timbul pertanyaan,,,
    1. Siapa yg bisa modifikasi bios secanggih itu,,hingga di directx X windows, GPU-Z dan aplikasi benchmark lainnya masih terbaca subvendor NVIDIA,,?? jika orang2 yg ngga tau algoritma nya,,ngga mungkin bisa,,,
    2. ada kemungkinan ini adalah untuk menjatuhkan nama besar NVIDIA (menurut saya lho—mungkin,,),,,karena menurut analisa saya,,kejadian ini sma seperti pecahnya intel dan AMD di tahun kira2 1960-1970,,,
    3. Kenapa yg di “incer” seri GTX 680 -750,,?? karena seri itu adalah yg terlaris menurut value dan performa,,dan mungkin sja bbrp taun kedepan kluar seri GTX 1080 dengan merk2 diatas,,(masih mungkin lho ya,,,,)
    4. Knp sampai hari ini pihak dari NVIDA blm mengumumkan secara resmi soal seri VGA yg dipalsukan,,,???? (BIG QUESTION..???)))

    sekian info dari saya yg masih newbie soal komputer,,,trims’

    Suka

  26. dulu mau beli gt 610 merk prototype karena vga lama bluescreen. untung aja pas mau beli vga ini cd drivernya gk ada. jadi harus beli yang lain. dan pas cari yang lain ada gt 630 merk prototype dan gk jadi beli karena ada connector pinnya. akhirnya beli afox gt 630. lumayanlah bisa update driver

    Suka

  27. Teman saya juga ketipu beli VGA Nvidia GT220 Prototipe. Driver nggak bisa diupdate gan. Ati2 aja kalao beli VGA prototipe, mending beli VGA merk medioker seperti Biostar atau Galax, lumayan murah tapi gak murahan.

    Suka

  28. ane ada tuh sama persis. awal pasang blank, ternyata pasangnya nda bisa pres do casing. akhirnya sih bisa maen, cuma sering susah nampil pas awal start komputer. ini lama2 malah nda mau nampil sama sekali. sad 😀

    Suka

  29. Ane pake Nvidia gt730 buldozer, ane main sniper ghost gk ada masalah, tpi wktu ane main gta v lngsung artefak, ane mencoba buat update lewat situs resmi dan berhasil, tpi ttp artefak. Ane coba langkah update driver lewat windows update, hsilnya mnyatakan driver dari cd bawaan sudah yg up to date, kan aneh

    Suka

  30. Ijin nimbrung gan.. Dua bulan yg lalu saya beli merek vga card ini gan yang GT 220 di Harco Mangga Dua, waktu mau beli vga ini sempat milih sih dan saya milih ini karena spek tinggi dan harga murah gan, dan didalam kardusnya ada driver dan buku garansi ( Servis Senternya di harco), sudah dua bulan saya buat kerja( ketik/internet/Cad) dan main game( ETS2 dan Farcray3), waktu awal awal pemakain lancar gan tapi sekarang kalo buat main game 5 menit muncul artefak lalu ngehang gann duhhh!!..memang awal beli terlihat bagus banget dengan harga murah, hampir sempat merasa kalo ini palsu tapi melihat bentuknya jadi gak sadar kalo ini memang palsu atau bukan, mau dibalikin ke tokonya jauh dari rumah, rencana saya pakai sampe hancur ini vga.. Saran saya beli vga merek MSI 1080 aja gann..hahaha

    Suka

  31. Gan sama saya beli vga Bulldozer Geforce 210 dari tahun 2015 Udah Jalan 3 tahun Nah, Pas di Tahun 2018 Mei Saya coba Game Need For Speed Most Wanted 2012 Malah Artefak Di setting Low, Langsung restart Sendiri, Nah penasaran Tuh saya Download Gpu-z Dan hasilnya sama Persis cuma Beda Texture filtrate, Saya makin curiga, Pas Tanggal 24 september Bapak Saya Beli VGA Asus Geforce 210 (yg Ada Fan Nya) Penasaran Tuh Saya Langsung Buka Heatsink VGA nya Terus Disamain Sama chipset Geforce 210 dari internet Dan Hasilnya Yang Asus Sama Yaitu GT 218 Dan Yang Bulldozer Itu GF-EM49S-A-A3 Dan Saya Niat mau flashing Tapi setelah dicari Ternyata Nvidia Tidak pernah Mengeluarkan VGa Dengan Chipset Itu…. Kecewa BOSSS !!!!

    Suka

  32. tempat perusahaan saya kerja beli vga gt 210 bulldozer banyak bgt gan, berawal dari salah satu dari puluhan unit gt210 yang artifak padahal baru beberapa hari, saya menginstal tidak dipakai untuk windows, melainkan untuk OS redhat dengan driver VESA, bukan driver bawaan dus karena vga ini lebih diperuntukkan untuk “fungsi” karena dipakai untuk dual layar pada port hdmi dan rgb

    biasanya sih perusahaan beli merk pixelview 210 tapi karena sudah jarang sedangkan bulldozer gt210 banyak tersedia di toko dan harganya lebih menggiurkan akhirnya perusahaan beli tuh merk bgsd karena mengejar harga murah

    1 per satu vga abal abal itu mulai kelihatan artifak karena dipaksa 24 jam nonstop untuk putar video 360p sampai 1080p (karaoke) setelah di pindahin ke komputer untuk tes di os windows 10 ternyata kejadian sama kayak TS gak bisa di instal driver resmi dari nvidia, karena masih kurang yakin akhirnya semua vga di tes di komputer tes tersebut dan semuanya hasilnya sama tidak bisa di instal padahal sebagai pembanding pixelview 210 bisa akhirnya fix ini vga abal abal

    Suka

  33. oiya lupa chipset yang dipake gt210 bulldozer abal abal ini adalah Nvidia GF-EMP8-A2 yang seharusnya itu chipset untuk laptop
    sedangkan chipset asli gt210 adalah GT218-XXX-XX

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: