Xiaomi Yi 4k Action Camera yang Kece

Assalamualaikum, halo agan agan sekalian

Kali ini ane mau sharing tentang pendapat ane setelah seminggu make Xiaomi Yi 4k, hehe. Pertama, kesan dari tampilan fisiknya. Dari segi fisik bagus gan, dibandingkan dengan pendahulunya Xiaomi Yi, Xiaomi Yi 4k tampil lebih minimalis, lebih mudah dan lebih nyaman digunakan.

Xiaomi Yi 4k
Xiaomi Yi 4k

Di Xiaomi Yi 4k, hanya terdapat 1 tombol untuk on/off sekalian untuk mengambil gambar / video dan satu layar touchscreen di bagian belakang kamera yang digunakan untuk melakukan pengaturan kamera. Menurut ane sih, yang membuat Xiaomi ini lebih simple ya touchscreen-nya, karena dengan touchscreen tersebut pengaturan kamera lebih mudah. Namun kekurangan pemakain touchscreen ini adalah ketika kamera berada di dalam waterproof, maka pengaturan mau tidak mau harus melalui ponsel.

LCD yang memudahkan
LCD yang memudahkan

Slot memory dan battery pun sekarang dijadikan satu gan, dan mudah dilepas pula tutupnya. Untuk melakukan pengisian battery, caranya kurang lebih sama seperti Xiaomi Yi versi lawas, tinggal dicolokkan ke kepala charger handphone

Mudah dibuka namun tetap aman
Mudah dibuka namun tetap aman

Tutup charger maupun battery & memori-nya lebih mudah untuk dilepas dan lebih aman (terlindungi). Kalau versi lawas kan tahu sendiri, tutup charger usb dan slot memorinya mudah sekali hilang, kalau hilang ya gampang kotor tuh slotnya. Ditambah lagi tutup battery nya kalau dibuka susahnya minta ampun gan, haha.

Tampak bawah
Tampak bawah

Yang kedua dari segi gambar gan, Xiaomi 4k sendiri mengambil gambar maximum sebesar 12 MP. Memang lebih rendah sih gan dibanding dengan Xiaomi lawas yang mampu mengambil gambar hingga 16 MP, tapi menurut ane, kualitas gambar yang dihasilkan kamera ini lumayan bagus kok. 

Hasil gambar di tempat terang
Hasil gambar di tempat terang

Warnanya terlihat jelas ,meski mengambil gambar di tempat yang terlalu terang, gambar yang dihasilkan tidak silau(over exposure, atau apa ya istilahnya, hehe) dan kontrasnya menurut ane pas. Sebaliknya kalau mengambil foto di daerah yang kurang cahaya, gambarnya lumayan bagus, ya mungkin kalau terlalu gelap sih agak banyak noise. Wajar lah, karena semakin gelap ISO yang dibutuhkan juga semakin gede, hasilnya noisenya juga lumayan.

Warnanya mantap
Warnanya mantap

Fitur unggulan dari Xiaomi Yi 4k adalah kemampuannya dalam mengambil video hingga 4k dengan fps maksimum sebesar 30fps.  Warnanya pun juga ok gan (kalau makai setting warna Xiaomi, bukan setting warna flat), terlihat jelas dan kontrasnya bagus. Fitur menarik lainnya dari Xiaomi Yi 4k adalah kemampuannya dalam menangkap slow motion video gan. Ane paling suka tuh fitur ini, karena video slow motion yang dihasilkan ciamik gan, menurut ane sih, hehe. Untuk video slow motion sendiri, resolusi yang dihasilkan maksimum adalah 720p, mungkin karena frame yang diambil untuk video slow motion lebih banyak, maka resolusinya turun, biar bisa proses gambar yang lebih banyak dalam 1 detik (pada resolusi 720p, Xiaomi Yi mampu mebuat video hingga 120 fps).

Sekian dulu share dari ane gan, kesimpulannya menurut ane sih kamera ini sangat cocok bagi agan yang suka dengan pembuatan video (action), kalau untuk foto-foto sih ane saranin pilih Xiaomi Yi lawas, karena harganya yang lebih murah, tapi kualitas fotonya menurut ane sedikit lebih bagus dari Xiaomi Yi 4k ini. Sampai jumpa lain waktu gan,

Wassalamualaikum.

Review

Iklan

caisaroentoro View All →

simple, script, balance

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: