Rooting Android dengan Kingroot

Halo semua,

Kali ini ane mau bagi – bagi pengalaman tentang rooting dengan aplikasi Android Kingroot. Untuk HH (device) yang ane pakai sebagai kelinci percobaan kali ini adalah IMO S89 Miracle. Jaman dulu (2013) HH ini terkenal dengan panggilannya yaitu neng mira (cakep ye 🙂). Untuk speknya sendiri HH ini memiliki 1 GB RAM, processor Quad Core, dan memori internal 4 GB. Sedangkan OS – nya sendiri berbasis Android Jelly Bean. Memang jadul sih, tapi di sini ane mau sekalian mencoba bagaimana kemampuan dari kingroot dalam melakukan rooting terhadap HH lawas seperti punya ane ini. Kalau pembaca / agan sekalian penasaran sama nih HH, bisa cek lebih lanjut di sini: tabloid pulsa imos89.

IMO S89
IMO S89

Karena HH ane ini emang dari awal sudah ane root. Jadi langkah yang ane pertama lakuin tentunya adalah melakukan unroot . Untuk melakukan full unroot caranya cukup simple, buka aplikasi Super Su -> pilih tab settings -> lalu pilih opsi full unroot. Bingo, hasilnya hh sudah dalam kondisi unroot :).

Selanjutnya, ane install aplikasi Kingroot. Untuk aplikasinya sendiri ane download dari sini: Download Kingroot. Setelah didownload, lalu aplikasinya ane pasang di HH ane. Jangan lupa untuk allow install from unknown sourcenya di aktifkan gan, supaya bisa install aplikasi dari file .apk. Jadilah seperti di bawah ini:

Kingroot terinstall
Kingroot terinstall

Aplikasi Kingroot ini menurut ane cukup mudah untuk digunakan, ketika aplikasi mulai berjalan, kita tinggal menekan tombol “Try it” untuk memulai aplikasi. Secara otomatis aplikasi akan melakukan cheking apakah HH bisa di root atau tidak.

Kingroot melakukan cek
Kingroot melakukan cek

Dalam proses ini, diperlukan koneksi Internet, karena kalau tidak ada koneksi Internet biasanya akan muncul error, seperti di bawah:

Kingroot butuh koneksi Internet
Kingroot butuh koneksi Internet

Setelah dilakukan ceklist, aplikasi akan melakukan percobaan rooting pada HH. Kenapa disebut percobaan? Karena menurut keterangan di web resmi Kingroot, aplikasi akan melakukan coba – coba berbagai metode root yang dimiliki untuk melakukan rooting.

Melakukan proses root
Melakukan proses root

Metode ini kadang gagal kadang berhasil, karena metode ini memanfaatkan vulneralbility yang dimiliki oleh HH. Beruntung untuk kasus HH ane, device tidak membutuhkan waktu lama hingga bisa dalam kondisi root :).

Root sukses !
Root sukses !

Selanjutnya untuk cek apakah root berjalan, ane tes dengan menggunakan ES File Explorer. Cara ngetesnya sederhana, cukup buka aplikasi tersebut, terus buka menu, lalu aktifkan fungsi Root Explorer, setelah beberapa saat akan muncul pertanyaan apakah aplikasi boleh mengakses root, pilih OK. Kalau berjalan / tidak crash maka tandanya HH sukses di root :).

Rootnya berjalan
Rootnya berjalan

Sekian dulu ya gan, share nya tentang root dengan Kingroot. Mudah kan? sampai jumpa lain waktu,

Wassalamaualaikum.

Iklan

Diterbitkan oleh

caisaroentoro

simple, script, balance

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.