Painfull computing

Mengatasi Apache pada XAMPP tidak bisa Start

Halo guys,

Kali ini gw mau share tentang pengalaman gw dalam penggunaan XAMPP. XAMPP merupakan paketan server komplit yang terdiri dari beberapa aplikasi: Apache Web Server, PHP, Perl, MySQL Database, Filezilla, Mercury, Tomcat, PHPMyadmin, dsb. Bagi yang akrab dengan pemrograman web pasti sudah tidak asing lagi dengan XAMPP.

Dalam penggunaan XAMPP, tentunya setiap aplikasi yang berhubungan dengan service akan membutuhkan beberapa port, semisal Tomcat, MySQL server, Apache Server, dan FTP Server (Filezilla). Nah, jika di komputer kamu terinstall aplikasi VMWare, biasanya ada salah satu  service di VMWare yang menggunakan port yang juga digunakan oleh service Apache XAMPP, yaitu port 443 (SSL).  Jika VMWare menggunakan port tersebut, lalu service Apache XAMPP nya di start, maka service apache akan otomatis mati lagi.  Seperti yang muncul di gambar berikut:

Apache Port blocked
Apache Port blocked

Jika sudah demikian, salah satu jalan yang bisa dilakukan  adalah mematikan service VMWarenya tersebut. Untuk melakukannya pun cukup mudah. Yang biasanya gw lakuin nih, gw pakai aplikasi yang namanya TCPView. Gw sering pakai aplikasi ini karena penggunaannya yang mudah. Tinggal nyalakan aplikasinya, sort berdasarkan nama port, lalu matikan service yang menggunakan port yang dibutuhkan (klik kanan, end process), beres. Apache tidak akan mati lagi secara otomatis. Mudah kan?

TCPView
TCPView

Untuk aplikasi TCPView sendiri, dapat diunduh di link ini, dan aplikasi hanya bisa dijalankan di windows. Oh iya, aplikasi di atas juga dapat digunakan untuk kill services lainnya jika dibutuhkan. Biasanya gw pakai aplikasi ini karena ada beberapa program / aplikasi yang gw butuhkan portnya sudah dipakai, hehe.

Demikian share-nya kali ini, semoga membawa manfaat. Akhir kata, wassalam.

Iklan

Diterbitkan oleh

caisaroentoro

simple, script, balance

2 tanggapan untuk “Mengatasi Apache pada XAMPP tidak bisa Start”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.