Apple ID

Cara reset Apple ID yang sudah di block

Semenjak sedikit sedikit beralih ke ‘apple fan boy misqueen’, gw mulai memakai gadget – gadget produksi apple dari mulai iphone, ipad, sampai komputer pun gw pakai macbook (tentunya versi yang murah, xixix). Tujuan waktu beralih sih dulu sebeneranya pengin jadi iOS developer (cieh secara gw programmer dan waktu itu, entah sampai sekarang masih valid atau tidak, salary seorang programmer iOS lumayan buat ngidupin keluarga).

Sebagai seorang ‘apple fanboy’ (misqueen), tentunya wajib memiliki apple ID untuk ‘sign in’ ke layanan yang disediakan apple (sebagai contoh layanan iMessage, Facetime, App store, iTunes, dan sebagainya). Dengan apple ID, sinkronisasi data akan menjadi lebih mudah. Semisal bila beli aplikasi di iPad, lalu kebetulan memiliki iPhone / perangkat lain yang berbasis iOS dengan menggunakan ID yang sama, maka di perangkat yang lain, tidak perlu melakukan pembelian apps lagi. Cukup sign in dengan Apple ID yang sama, maka aplikasi yang sudah dibeli tadi dapat di download dan digunakan pada perangkat baru.

Beberapa waktu lalu, gw sempet mengalami kendala ketika mau sign in ke iMessage dan Facetime pakai apple ID gw. Ketika sign in selalu error “An error occured during activation. Try again”. Masalahnya ga hanya di iPhone aja error tersebut muncul, hampir di setiap perangkat yang punya iMessage dan Facetime, ketika gw mau login dengan Apple ID gw, selalu aja error itu muncul. Segala cara udah gw lakuin mulai dari matiin lalu hidupin lagi layanan iMessage, ngikutin langkah yang di sini: support.apple.com/en-us/HT201422%22 , dan sebagainya. Tapi hasilnya nihil.

An error occured during activation. Try again
An error occured during activation. Try again

Hampir putus asa rasanya dan pingin ganti akun aja biar cepet, tapi akun yang ada terlanjur dipakai buat beli apps. Jadinya sayang juga kalau ganti akun, harus beli lagi.

Semingguan ga nemu caranya, gw tanya ke forum ini: https://discussions.apple.com/welcome. Setelah dua hari posting, di situ ada seorang yang komen kalau kemungkinan yang bermasalah adalah akun Apple ID gw dan nyaranin gw buat kontak ke Apple Support terdekat. Gw pun nyobain sarannya dan call Apple Support wilayah Indonesia (nomernya 0800-1-027753).

Pertama gw dilayani sama mbak – mbak ramah yang mencoba troubleshoot masalah gw diatas. Setelah hampir setengah jam lebih troubleshoot yang dia saranin nihil (sarannya hampir sama kayak yang di sini: https://support.apple.com/en-us/HT201422%22), akhirnya gw ditawari untuk dibantu troubleshoot sama Senior Advisor – nya(orang luar dan pelayanannya pakai bahasa inggris, jadi ya gw rada ga ngeh juga apa yang dia omongin).

Setalah ditelusuri dan di cek, akun gw ternyata di block (khusus untuk penggunaan iMessage dan Facetime) karena terindikasi penyalahgunaan layanan. Gw rada bingung juga karena bahkan ga pernah telepon ke luar negeri atau make layanan apple dengan akun yang bermasalah tersebut di luar negeri. Dia ngasih solusi buat unblock (reset) akun gw tapi itu hanya bisa dilakukan sekali aja. Jadi nanti kalau akun gw kena block lagi entah karena apa, akun gw ga akan bisa di unblock lagi sama Apple. Karena ga ada solusi lain, gw iyain aja apa yang ia saranin.

Satu jam telponan sama Apple Support yang bikin telinga gw panas ga sia sia karena akhirnya gw berhasil login ke iMessage dan Facetime di semua perangkat gw, yeay!

Iklan

Diterbitkan oleh

caisaroentoro

simple, script, balance

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.